NINDA AMELITA ANJARRYSTI

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
HABIS GELAP TERBITLAH TERANG

HABIS GELAP TERBITLAH TERANG

Hari kartini yang selalu diperingati setiap tanggal 21 April 1879.

Tanggal tersebut juga merupakan hari lahirnya Raden Ajeng Kartini. Beliau wafat pada tanggal 17 September 1904 Kabupaten Rembang dan memiliki suami bernama K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojoadhiningrat.

R.A Kartini adalah perempuan yang dikenal sebagai tokoh emansipasi wanita yang mempelopori kesetaraan derajat antara pria dan wanita dan juga memperjuangkan hak wanita untuk berpendidikan juga seperti pria,pada masa itu hanya laki-laki saja yang boleh berpendidikan dan para wanita wajib berdiam diri dirumah namun R.A Kartini menentang tradisi tersebut dan mengungkap semua dalam suratnya kepada Prof Anton yang di tulis pada 4 Oktober 1902 yang bertuliskan "Apabila kami di sini minta, ya mohon, mohon dengan sangat supaya diusahakan pengajaran dan pendidikan bagi anak-anak perempuan, bukanlah karena kami hendak menjadikan anak-anak perempuan menjadi saingan orang laki-laki dalam perjuangan hidup ini"

"Melainkan karena kami yakin akan pengaruh besar yang datang dari kaum perempuan. Kami hendak menjadikan perempuan menjadi lebih cakap dalam melakukan tugas besar yang diletakkan oleh Ibu Alam sendiri ke dalam tangannya: menjadi ibu, pendidik umat manusia yang utama," tulis Kartini.

Kartini meyakini kaum perempuan lah yang pertama kali memikul kewajiban sebagai pendidik. Seorang perempuan akan menjadi seorang ibu yang akan menjadi pusat kehidupan rumah tangga. Seorang IIbu,menurut Kartini,dibebankan tugas besar untuk mendidik anak-anaknya dan membentuk budi pekertinya,lalu bagaimana kita mendidik jika kita tidak punya ilmu? Dengan demikian, anak perempuan juga harus mengenyam pendidikan yang baik pula agar kelak bisa menjalani tugas dalam mendidik anak-anaknya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Siswa Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali